7 Perlengkapan yang Harus Anda Siapkan Pada Bisnis Food Truck

0
44
7 Perlengkapan yang Harus Anda Siapkan Pada Bisnis Food Truck

Bagi Anda yang sedang melirik potensi bisnis food truck, pasti membutuhkan data sebanyak-banyaknya agar dapat mengkalkulasikan berapa besar uang yang harus disiapkan untuk modal.

Karena, dibilang food truck juga membutuhkan perlengkapan-perlengkapan pendukung yang harganya lumayan mahal.

Untuk membantu Anda mendapatkan gambaran tentang berapa besar modal yang diperlukan, ketahui dulu 7 perlengkapan bisnis food truck di bawah ini.

7 Perlengkapan yang Wajib Anda Siapkan Pada Bisnis Food Truck

1. Perlengkapan masak yang aneka ragam

 

Dalam menentukan perlengkapan masak apa yang perlu Anda siapkan, tergantung dari jenis masakan yang ingin Anda tawarkan ke konsumen.

Apakah makanan tradisional Indonesia atau makanan cepat saji ala barat? Mengingat, beda jenis makanan membutuhkan peralatan yang berbeda pula.

Baca Juga : Cara Optimasi Instagram untuk Jualan Online, Dijamin Ampuh

Misalkan Anda tidak ingin terlalu repot sehingga memutuskan untuk menjual makanan barat dan Amerika Latin dengan hidangan-hidangan seperti burrito, sandwich, hot dog, dan burger yang jadi andalan.

Maka, peralatan utama yang harus Anda siapkan antara lain: grill, spatula, pisau, penjepit makanan, baskom, talenan, dan teflon anti lengket.

Namun, bila Anda ingin fokus pada makanan khas Asia, maka bersiaplah untuk membeli kompor, panci penggorengan, tempat minyak, dan segala peralatan yang umum dijumpai pada dapur rumah.

Hanya saja, mengingat Anda akan langsung berhadapan dengan api, pastikan instalasi gasnya sudah aman ya.

Lain halnya bila Anda fokus menjual menu-menu dessert yang tidak membutuhkan proses memasak. Maka alat-alat yang diperlukan pun lebih sederhana karena lebih fokus pada alat penyimpanan bahan baku supaya tetap fresh.

2. Kulkas untuk menyimpan bahan makanan

Anda pasti akan berjualan dalam durasi yang cukup lama. Bisa beberapa jam saja atau bahkan hingga malam hari.

Dengan demikian, Anda perlu kulkas untuk menyimpan bahan baku yang mudah rusak bila terpapar suhu ruangan. Misalnya seafood, sayuran, daging, hingga es krim.

Bagi sebagian orang, mungkin menyiapkan kulkas dalam food truck membutuhkan biaya yang terlalu besar. Untuk itu, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan cooling box yang diisi dengan dry ice.

Dengan demikian, suhu bisa tetap terjaga namun tidak ada lelehan air yang menggenang. Hanya saja, pastikan dry ice yang digunakan memang tersertifikasi food grade.

3. Papan menu

Bagi Anda yang menawarkan menu yang selalu berubah setiap harinya, maka papan menu adalah pilihan yang tepat ketimbang menu yang dicetak.

Namun, bila Anda tidak menjadwalkan perubahan menu setiap harinya, maka papan dengan menu tercetak adalah pilihan sempurna.

Setiap penjual biasanya memiliki layout pilihannya masing-masing soal papan menu. Kalau menu yang Anda tawarkan itu terbatas, maka menaruh semuanya di papan menu tidak ada salahnya.

Namun, kalau Anda memiliki side dish yang lumayan banyak, sebaiknya papan menu hanya diisi dengan menu-menu favorit saja.

4. Perlengkapan makan konsumen

Biasanya para pengusaha food truck memilih perlengkapan makan sekali pakai yang bisa langsung dibuang setelahnya.

Bila Anda juga ingin mengambil langkah yang sama, maka pastikan kalau Anda memilih alat makan yang terstandar, sehingga aman untuk digunakan. Akan lebih baik lagi jika perlengkapan makan Anda bisa didaur ulang.

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Setelah Pensiun

Untuk dapat menekan harga, disarankan Anda membelinya dari produsen atau importirnya langsung dalam jumlah besar.

Dengan itu, modal untuk perlengkapan makan  semakin rendah. Lain halnya jika Anda ingin perlengkapan makan yang dilengkapi brand Anda, maka tentu modal yang dikeluarkan sedikit lebih banyak.

Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat, bahwa kemasan sekali pakai memiliki dampak terhadap lingkungan.

Apalagi bila para konsumen belum memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Meskipun demikian, Anda masih bisa ambil peran untuk mengatasi masalah ini.

Caranya yaitu dengan menyediakan tempat sampah di dekat food truck. Akan lebih baik lagi kalau tempat sampahnya dikelompokkan sesuai dengan jenisnya.

Dengan demikian, Anda bisa sekaligus mengedukasi konsumen tentang manfaat dan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

5. Aplikasi kasir digital

Untuk memproses transaksi harian dengan lebih cepat, aman, dan akurat, disarankan untuk mulai beralih ke aplikasi kasir digital.

Kenapa? Karena mesin kasir ini bukan hanya bisa memudahkan proses transaksi, melainkan juga bisa bantu Anda kenali pola belanja konsumen Anda.

Dengan demikian, Anda dapat tahu produk apa saja yang paling laku, peak hour food truck Anda, dan siapa saja pelanggan yang paling loyal.

Saat ini sudah cukup banyak aplikasi kasir digital, Ada yang mengharuskan Anda membeli hardware tertentu tapi ada juga yang menawarkan mulai dari aplikasinya saja.

Fitur-fitur yang ditawarkan pun beraneka ragam. Hanya saja, pastikan aplikasi kasir yang Anda inginkan itu sesuai dengan kebutuhan dan budget.

6. Perlengkapan kebersihan

Kebersihan akan menciptakan kenyamanan dan kepercayaan, baik bagi pengunjung maupun Anda sendiri. Bayangkan apa yang ada dipikiran konsumen ketika datang ke food truck yang kotor? Pastinya mereka akan putar arah dan memilih yang lain, bukan?

Sebaiknya sisa-sisa bahan makanan atau kemasannya dibuang setiap hari. Pastikan tidak ada bekas makanan yang tertinggal di dalam food truck karena bisa memancing adanya semut, kecoa, dan tikus.

Ketiga hal ini sangatlah berbahaya bagi keamanan produk Anda. Jadi, pastikan food truck dibersihkan setiap hari ya.

7. Alat keamanan untuk keadaan darurat

Perlu diingat kembali kalau Anda berada di atas sebuah kendaraan bermotor yang artinya memiliki bahan bakar mudah terbakar.

Dengan begitu, Anda juga harus menyiapkan alat-alat keamanan seperti alat pemadam api. Selain itu, alat-alat pertolongan pertama pun juga harus tersedia mengingat dapur pada esensinya adalah tempat yang cukup berbahaya.

Baca Juga : 15 Ide Bisnis Kreatif dengan Modal 1 Juta yang Cocok Untuk Para Milenial

Setidaknya obat antiseptik, salep luka bakar, dan juga plester luka harus ada di kotak P3K Anda.

Itulah 7 perlengkapan yang harus ada di setiap bisnis food truck. Hanya saja, mengingat ruang yang tersedia di food truck sangat terbatas, sebaiknya Anda mencari perlengkapan yang mampu merangkap beberapa fungsi sekaligus. Dengan demikian, Anda bisa menghemat ruang dan budget secara bersamaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here