7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma

0
39

Siapa yang tak kenal Jack Ma? Pendiri Alibaba Group ini ialah figur inspirasional yang membuktikan bahwa istilah from zero to hero bukan sebatas angan-angan saja.

Berkat usaha keras dan ide-ide briliannya, usaha dan kesuksesannya dengan Alibaba selalu meningkat dan kini toko bisnis terkemuka asal Tiongkok ini sudah memutuskan untuk pensiun dari Alibaba Group.

Namun kegigihan, kisah inspiratif, dan kata-kata motivasinya akan terus dijadikan pelajaran bagi para pengusaha lainnya berikut kami ulas 7 pesan dari kutipan kata-kata Jack Ma khusus untuk Anda para pengusaha sukses.

  1. Bijak Menghadapi Pesaing

“Anda harus belajar dari pesaing Anda, tapi jangan pernah menjiplak. Jika Anda menjiplak, maka Anda ‘mati’.”

Pesaing bukanlah sosok yang harus dipandang sebagai musuh bagi pelaku usaha. Usaha milik pesaing juga merupakan hal yang bisa Anda pelajari, baik dari segi produk, pelayanan, strategi bisnis, dan lain sebagainya.

Namun, gunakanlah pelajaran tersebut untuk berinovasi. Dengan terus belajar dan memperbarui strategi usaha, bisnis Anda akan terus bersaing dan berkembang di bidangnya.

Selain itu, Jack Ma juga berpesan untuk tetap mengutamakan pelanggan di atas mempelajari pesaing karena, sematang apapun strategi bisnis Anda, jika tidak memberi manfaat serta layanan yang baik bagi pelanggan Anda, maka usaha tersebut tentu tidak akan berjalan dengan baik.

  1. Uang Bukan Satu-satunya Modal Sukses

“Kita tidak pernah kekurangan uang. Kita hanya kekurangan orang-orang pemimpi yang mampu berjuang keras untuk mimpinya.”

Selain keuangan, mimpi dan semangat juang merupakan faktor pendorong paling kuat dalam membangun usaha. Ketika banyak cobaan datang di jalan kita, impian lah yang akan menguatkan untuk tetap berjuang

Kisah Jack Ma merupakan bukti dari kegigihan dan kerja keras yang dapat mewujudkan mimpinya meski sudah ditolak oleh 30 perusahaan dan membanting setir menjadi guru Bahasa Inggris, dengan segala usaha dan ide-ide briliannya, ia dapat menggarap usaha inovatif di bidang teknologi tanpa memiliki latar belakang dalam bidang tersebut.

  1. Kenali Ranah Bisnis Anda dan Ciptakan Inovasi

“Beradaptasi dan berubahlah sebelum ada tren atau perubahan besar.”

Mengetahui lawan dan medan perang yang akan Anda hadapi adalah langkah awal yang baik untuk memulai usaha Anda.

Namun, jangan terjebak dengan kenyamanan atas pengetahuan Anda di awal berbisnis. Dunia berubah dengan sangat cepat.

Perusahaan dalam segala bidang terus bersaing memenangkan hati pelanggan-pelanggannya dan berinovasi untuk menciptakan tren baru.

Maka dari itu beradaptasi, belajar, dan memperbarui bisnis Anda secara strategis merupakan hal penting yang perlu diterapkan untuk bertahan di dunia usaha.

Baca juga: 10 Cara untuk Mencari Modal Bisnis Bagi Mahasiswa

  1. Berdayakan Orang-orang Terbaik untuk Usaha Anda

“Jika Anda ingin juara di abad 21, Anda harus memberdayakan orang lain dan memastikan mereka adalah orang-orang yang jauh lebih baik dari Anda. Dengan begitu Anda akan sukses.”

Pernah dengar istilah hargailah orang lain agar dapat dihargai orang lain? Jack Ma ialah pengusaha yang senang dan fokus kepada bagaimana usahanya yang memberikan manfaat.

Beliau selalu bahagia ketika membicarakan betapa usahanya membantu pelanggannya dan membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Jack Ma juga menyampaikan untuk mempekerjakan orang-orang yang memiliki kemampuan yang lebih baik dari kita karena dengan begitu, pengetahuan dan usaha Anda akan memiliki potensi berkembang secara beriring

  1. Selalu Awas Terhadap Peluang yang Ada

“Peluang-peluang yang tidak dapat dilihat semua orang adalah peluang-peluang yang sesungguhnya.”

Berawal dari ketidaksengajaan saat menggunakan internet, inspirasi datang kepada Jack Ma beliau melihat peluang bisnis dari kemampuan bahasa Inggrisnya dan betapa kurangnya  informasi tentang produk-produk dari Tiongkok.

Peluang tersebut datang dan terpikirkan oleh beliau ketika orang-orang pada masa tersebut belum memikirkannya.

  1. Pantang Menyerah dalam Berjuang

“Dalam jalan menuju sukses, Anda akan sadar bahwa orang yang sukses bukanlah orang yang suka merengek maupun yang sering mengeluh.”

Bagaimana jadinya jika Jack Ma menyerah di tengah jalan saat lamaran kerjanya ditolak oleh 30 perusahaan?

Bagaimana jadinya jika beliau tidak berusaha mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya dengan baik?

Mungkin inspirasi tidak akan datang dengan cara yang sama seperti yang beliau dapatkan sekarang bagi Jack Ma, kesuksesan adalah sesuatu yang hanya bisa diraih dan dijalani tanpa banyak berkeluh kesah.

Kelelahan itu pasti, karena segalanya tidak mungkin terus berjalan sesuai dengan keinginan kita. Hal tersebut sebaiknya diatasi dengan istirahat yang cukup dan berusaha sesuai dalam jangkauan kemampuan Anda. Tetap imbangkan usaha dan menjaga kesehatan Anda, ya!

  1. Tempatkan Fokus terhadap Pelanggan dan Pegawai Anda

“Kesuksesan dan keuntungan adalah hasil dari fokus terhadap pelanggan dan pekerja, bukan tujuan.”

Pelanggan dan tenaga kerja adalah pelaku utama yang mempertahankan usaha Anda untuk tetap berjalan. Memiliki visi atau tujuan dalam usaha tentu juga merupakan hal yang tak kalah pentingnya dengan dua elemen tersebut.

Namun, Jack Ma membuktikan bahwa kesuksesan dan keuntungan dalam bisnis datang atas hasil kegigihan dan fokusnya terhadap kepuasan pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here