7 Bisnis yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

0
55

Masa kuliah menjadi masa yang penuh tantangan dikarenakan kita mendapatkan banyak kebebasan dimasa ini. Kebebasan tersebut disertai dengan tanggung jawab didalamnya. Salah satu tanggung jawab yang diemban oleh seorang mahasiswa ialah dalam mengatur keuangan terlebih apabila berkuliah dikota lain atau merantau.

Masa kuliah ialah masa dimana identik dengan menghabiskan banyak uang untuk biaya pendidikan dan kebutuhan lainnya sebagai orang dewasa.

Terkadang, ada keinginan yang timbul yakni menghasilkan uang sendiri agar meringankan beban orang tua. atau mungkin memang ingin merintis usaha sedari awal. Tetapi akan muncul pertanyaan, apakah bisnis tersebut bisa mengganggu jalannya kuliah? mengingat tujuan awal tentu saja adalah menempuh pendidikan pada perguruan tinggi.

Masalah pun tidak berhenti sampai situ, mahasiswa identik dengan tidak memiliki modal yang cukup banyak, bukan? Rasanya banyak sekali halangan untuk memulai bisnis yang akan dikerjakan sembari kuliah.

Kabar baiknya ialah, disitu ada kemauan maka disitu pula ada jalan jadi, apakah bisa melakukan bisnis sambil berkuliah? Apakah anda mencari jawaban itu? jika iya, selamat. Anda menemukan artikel yang tepat. Berikut daftar bisnis yang dapat dilakukan sambil berkuliah:

  1. Berjualan pulsa serta paket data

Zaman sekarang hampir semua orang memiliki gadget. Hampir tidak mungkin seorang mahasiswa utamanya, tidak memiliki  gadget.

Maka hal ini dapat diambil peluang untuk berjualan pulsa dan juga paket data. Berjualan pulsa juga tidak akan menganggu waktu kuliah karena ini dapat dilakukan dimana saja serta mudah.

Tidak hanya itu, berjualan pulsa tidak membutuhkan modal yang tinggi kedua faktor tersebut sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa yang ingin melakukan bisnis sambil berkuliah.

Meskipun keuntungannya tampak tidak banyak, tetapi apabila kita tekun dalam mendalami bisnis tersebut tentu juga dapat berbuah hasil. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama lama akan menjadi bukit.

  1. Berjualan camilan ringan

Berkuliah memberikan kesempatan kita bertemu banyak orang dikampus. Apabila anda adalah orang yang percaya diri serta memiliki relasi yang banyak, anda bisa berjualan camilan ringan dikampus.

Bisa dilakukan kapanpun entah itu saat akan kuliah berlangsung ataupun saat pulang. Atau mungkin, camilan tersebut dapat anda titipkan di koperasi-koperasi mahasiswa atau warung-warung kecil disekitar kampus. Siapa tahu, ini adalah langkah awal anda sebelum menjadi pemasok makanan berskala besar, kan?

  1. Menyediakan jasa les private

Mahasiswa, merupakan strata tertinggi dari seorang siswa dalam menuntut ilmu. Dalam kata lain, sebagai civitas akademik. Anda bisa memanfaatkan ilmu-ilmu yang pernah anda dapatkan ketika masih berada pada bangku SD hingga SMA untuk diajarkan kepada yang membutuhkan jasa anda.

Anda bisa mulai membuka jasa les private dalam hal ini, anda dapat melakukannya secara individu atau bergabung dengan lembaga-lembaga les yang ada dikota tempat anda berkuliah.

Biasanya, lembaga bimbingan belajar membutuhkan jasa dari mahasiswa untuk menjadi tentor di LBB nya. Biasanya, gaji yang didapatkan dari menjadi les private tergolong lumayan.

Selain bisa mendapatkan uang sebagai balas jasa pekerjaan anda, anda akan semakin terasah dalam menghadapi orang lain dan ilmu semakin bertambah. Mendapatkan keuntungan yang berlipat, kan?

  1. Berbisnis online shop

Promosi Melalui Internet

Dengan adanya kecanggihan serta perkembangan internet yang pesat di Indonesia, penggunaan gadget serta internetnya bukan lagi hal mewah untuk masyarakat Indonesia.

Hal ini sebenarnya membuka peluang bisnis yang luas untuk anda, dalam hal ini mahasiswa, untuk berbisnis dalam bidang perdagangan secara online.

Anda dapat mulai membangun online shop anda serta menerapkan strategi-strategi marketing online guna mendapatkan keuntungan dalam berjualan tersebut kabar baiknya, bahkan anda bisa memulai bisnis online shop tanpa modal sekalipun.

Anda dapat menjadi reseller untuk mendapatkan barang dagangan dan untuk bergabung menjadi reseller hanya perlu kesepakatan secara online pula antara anda dan dropshipnya.

Anda dapat menawarkan produk anda serta mempromosikannya secara online shop banyak platform yang tersedia di internet seperti Facebook, twitter, line, serta instagram.

Dengan bermodalkan internet serta gadget saja, anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Yang perlu anda lakukan dalam menjadi online shop ialah dengan membangun image toko online anda dengan baik serta terpercaya.

  1. Menjadi penulis lepas atau freelancer

Menulis adalah kegiatan yang sehari-harinya amat akrab dengan mahasiswa, jadi pekerjaan menjadi penulis lepas adalah kegiatan yang bisa menjadi ajang  bisnis untuk mahasiswa mendapatkan uang serta mengasah skill menulisnya.

Sesuai dengan namanya, penulis lepas, maka mahasiswa tidak perlu merasa terbebani dengan deadline atau jadwal pekerjaan yang bertabrakan dengan jadwal kuliah.

Mahasiswa dapat melakukannya disela-sela waktu luangnya. Untuk gaji yang didapatkan adalah tergantung dengan pihak yang membuka lowongan sebagai penulis lepas tersebut. Tidak perlu khawatir akan lowongan sebagai penulis lepas karena amat banyak tersedia, tergantung pandai-pandainya kita dalam mencari kesempatan.

  1. Bekerja secara part-time

Biasanya mahasiswa tingkat akhir membutuhkan part time sebagai tambahan uang jajan dan mengisi waktu luang. Hal ini disebabkan karena biasanya mahasiswa tingkat akhir hanya mengambil beberapa mata kuliah saja.

Dan juga, sekarang ini banyak tempat-tempat di Indonesia yang membutuhkan jasa part-timer untuk menjadi pegawainya.

Alasannya tentu saja menghemat pengeluaran perusahaan. Anda dapat memanfaatkan ini untuk mendapatkan pekerjaan guna mendapat uang tambahan jajan. Bukan hanya pekara gaji, anda juga akan mendapatkan pengalaman kerja sehingga saat lulus nanti anda sudah memiliki bekal berupa pengalaman dalam bekerja.

Anda juga bisa mengamati bagaimana perusahaan tersebut bekerja apabila anda nanti ingin membangun milik anda sendiri. Beberapa tempat yang terkenal dengan part-time nya antara lain pizza hut, starbuck, dan lain sebagainya.

  1. Jasa pembuatan template presentasi, mengetik, penerjemah serta jasa print

Sebagai mahasiswa yang kreatif , ternyata hal-hal seperti membuat template untuk power point, mengetik, menerjemahkan naskah, serta jasa print bisa menjadi alternatif bisnis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa.

Ini merupakan peluang bagus untuk mendapatkan keuntungan dengan modal yang sedikit, karena basic utamanya adalah berdagang jasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here