6 Tips Membuka Cabang Usaha Baru bagi Pengusaha

0
20

Ketika usaha yang Anda jalani mendulang kesuksesan, sebagai pengusaha Anda pasti ingin mengembangkan usaha Anda menjadi lebih luas lagi. Salah satu caranya yaitu dengan membuka cabang usaha baru.

Namun, tahukah Anda, memiliki cabang usaha tidaklah semudah yang dibayangkan dibandingkan dengan mengelola satu cabang usaha saja.

Memiliki satu cabang usaha, Anda sebagai pemilik dapat secara langsung mengelola dan memantau operasional usaha. Namun, jika Anda memiliki beberapa cabang, tanggung jawab yang dimiliki juga akan semakin besar.

Untuk Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis, simpan 6 tips membuka cabang usaha baru yang akan berguna bagi kemajuan bisnis Anda. Selamat mencobanya!

6 Tips Membuka Cabang Usaha Baru

1. Anda Harus Pastikan Toko Pertama Berjalan dengan Lancar

 

Untuk membuka cabang usaha baru, Anda harus memastikan dahulu jika toko pertama Anda berjalan dengan lancar tanpa hambatan, tanpa harus Anda pantau setiap saat.

Hal ini karena membuka cabang usaha baru akan butuh waktu yang lumayan lama dan perhatian yang cukup banyak sehingga Anda harus memastikan jika toko bisa beroperasi tanpa Anda.

Baca Juga : 15 Peluang Usaha Modal 1 Juta Dengan Untung Jutaan Bagi Pemula

Jika Anda merasa toko pertama Anda belum dapat berjalan dengan lacar seperti yang diharapkan, lebih baik tidak memaksakan kehendak untuk membuka cabang baru karena hal tersebut hanya akan membuat Anda keteteran.

Anda juga bisa merasa stres karena bisnis yang dijalankan tidak sesuai rencana atau target. Untuk itu, tetapkanlah rencana yang jelas, paling tidak selama satu sampai dua tahun ke depan.

Kemudian, jangan lupa untuk menganalisis performa bisnis Anda dari waktu ke waktu sehingga Anda bisa segera memperbaiki kekurangan dari kinerja Anda.

2. Tentukan Tema atau Interior Cabang Baru Anda

Beda cabang, beda outlet, beda lokasi, biasanya beda tema juga. Namun, hal ini sebenarnya tidak wajib. Jika Anda memang menjunjung tinggi konsistensi, urusan tema dan interior seharusnya tak jadi masalah.

Akan tetapi, ada juga bisnis yang menawarkan beragam tema untuk outlet outlet yang dimilikinya.

Sebagai contoh, Anda adalah pemilik restoran Western yang sudah memiliki 3 cabang di pusat perbelanjaan di Jakarta. Ada 3 tema berbeda yang Anda hadirkan, yakni tema Playroom, Library, hingga Barn.

Ketiga tema ini disuguhkan agar para pelanggan dapat merasakan nuansa baru dan merasa lebih betah. Namun tentu saja, tidak ada yang berubah dari segi pelayanan dan menu-menunya karena hal tersebut menjadi ciri khas restoran tersebut.

3. Persiapkan Modal dengan Baik

Setelah memastikan bahwa toko pertama berjalan dengan lancar, Anda juga harus memastikan bahwa Anda juga telah menyiapkan modal yang cukup.

Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan dari Rumah

Pastikan juga sumber modal yang dimiliki apakah dari aliran dana sendiri yang Anda miliki atau dari pinjaman atau investor? Usahakan jangan sampai pembukaan cabang baru mengganggu usaha utama Anda.

4. Lakukan Analisis di Lokasi Baru

Sebelum membuka cabang baru, pastikan telah menganalisis dahulu lokasi baru yang ingin Anda gunakan untuk membuka cabang berikutnya.

Apakah lokasi tersebut strategis dan memiliki akses yang cukup mudah dan ramai dilewati oleh banyak orang. Tidak hanya itu, keamanan lokasi tersebut pun patut Anda pertimbangkan.

Dengan demikian, Anda benar-benar bisa menjangkau pelanggan dengan lebih tepat dan strategis sehingga cabang baru ini bisa menghasilkan keuntungan untuk Anda.

5. Lihat Siapa Pesaing dan Terapkan Strategi yang Tepat

Selain melihat bagaimana lokasi cabang baru atau kemudahan aksesnya, tentu Anda juga perlu melihat siapa pesaing di sekitar sana. Siapa tahu, di lokasi yang baru, ada banyak kompetitor yang membuat penjualan Anda menjadi sulit.

Jangan lupa, terapkanlah strategi marketing yang tepat agar bisnis Anda tidak ketinggalan dengan yang lainnya.

Katakanlah, pada saat grand opening nanti, Anda akan memberikan merchandise resmi secara gratis untuk 100 pembeli pertama. Atau, Anda bisa juga menawarkan promo Buy 1 Get 1 dalam jangka waktu tertentu.

Bisa dikatakan, cara ini cukup potensial untuk menarik banyak pelanggan karena tentu saja cabang usaha baru ini harus menjadi pusat perhatian masyarakat di sekitar sana.

6. Siapkan SDM yang Kompeten

Ketika perhatian dan waktu Anda tersita untuk mengelola cabang usaha baru, pastikan bahwa Anda telah memilih orang yang tepat, berkompeten dan dapat bertanggung jawab untuk mengelola toko pertama Anda

Baca Juga : Peluang Usaha Makanan yang Menjanjikan di Sekitar Kita

Bisa dibilang, Anda perlu merekrut manajer yang nantinya akan berbagi peran dan tanggung jawab untuk mendukung dan mengelola toko dan cabang baru Anda nantinya.

Oleh karena itu Anda sebagai pemiliki harus terjun secara langsung dalam memilih karyawan Tidak hanya itu, Anda pun harus melatih karyawan terlebih dahulu sebelum ditempatkan di cabang baru agar standar pelayanan terpenuhi sama seperti usaha pertama Anda karena pelanggan memiliki ekspetasi tinggi akan pelayanan di cabang baru Anda nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here