UKM BERDAYA – Sahabat UKM perlu kita sadari baha munculnya Revolusi Industri 4.0 ternyata membawa dampak bagi pekerjaan manusia, lho!

Menurut data laporan “Future of Fobs Report 2018” dari World Economic Forum, perubahan teknologi akan terjadi selama empat tahun kedepan. Artinya, kemungkinan besar, SDM engga lagi dibutuhkan karena pekerjaan akan digantikan oleh robot.  Jadi bagi kamu yang memiliki Bisnis UKM dan bergerak pada 5 bidang ini, siap-siap kembangkan dirimu untuk meningkatkan teknologi dalam bisni UKMnmu.  Dan lima pekerjaan yang akan digantikan robot sebagai berikut :

1. Agen travel

Saat ini, 70% masyarakat akan melakukan pencarian dan booking secara online ketika akan bepergian. Hal ini tentunya bisa memperburuk kondisi pada agen travel. Kalau engga melakukan inovasi, bisa saja agen travel yang masih dilakukan secara manual akan digantikan oleh robot.

2. Pegawai Resto Cepat Saji

Beberapa tahun yang akan datang, di seluruh restoran cepat saji engga membutuhkan pegawai lagi dalam pelayanannya, melainkan hanya menggunakan sebuah aplikasi yang telah disediakan di dalam restoran dan pembayarannya juga hanya melalui smartphone pengunjung aja.

3. Pegawai Toko Buku

Saat ini,  masyarakat lebih memanfaatkan internet untuk mencari e-book. Selain mudah dan cepat diaksesnya,e-book juga dibandrol dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan buku fisiknya. Sehingga, pekerjaan sebagai pegawai toko buku makin terancam.

4.Kasir

Percaya atau engga, dalam 10 tahun ke depan sebanyak 6 – 7,5 juta pekerja ritel akan tergantikan oleh robot dan teknologi. Artinya, sekitar 16 juta orang yang bekerja sebagai kasir akan terancam.

5. Teller Bank

Hadirnya teknologi yang semakin canggih, kini setiap bank mulai menghadirkan mesin ATM yang lebih maju. Selain bisa tarik tunai, transfer uang, dan segala macam pembayaran tagihan, ATM juga menghadirkan setor tunai. Kemanjuan ini membuat peran teller mengalami penurunan hampir 8% dan akan menghilang di 10 tahun kedepan.

sumber : www.cermati.com

Nah, menurutmu, selain lima pekerjaan di atas, pekerjaan apa lagi yang berpotensi digantikan robot? (UKM/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here