5 Cara Belajar Search Engine Optimization Bagi Pemula

0
94

UKM BERDAYA – Search Engine Optimization, biasa disingkat SEOAtau dalam bahasa indonesia berarti optimisasi mesin pencari. Hal ini menjadi primadona baru dalam dunia bisnis daring yang kontennya berbau artikel atau tulisan-tulisan tertentu. SEO berarti bagimana isi situs atau tulisan yang kamu muat di blog mu bisa dengan mudah dicari oleh Goggle sebagai mesin pencari yang paling gencar digunakan. Banyak hal yang bisa membantu mempermudah situs kita untuk dikenali dan dicari oleh Google. Berikut beberapa cara yang bisa kamu usahakan, khususnya untuk kalian para pemula.

1. Gunakan Adwords untuk mencari kata kunci populer

gunakan adwords

Sumber: searchenginejournal.com

Google Adwords Keyword Planner merupakan fitur dari Google yang memungkinkan kamu untuk melihat kata kunci yang banyak dicari di Google. Kata kunci populer menjadi “jurus andalan” para penulis konten digital di zaman yang mengandalkan SEO ini. maka dari itu, pilihlah kata kunci yang populer dan sering dicari orang banyak. Selain itu, sesuaikan kata kunci yang dimasukkan dengan tema tulisannya agar tidak menyimpang jauh dari tema tulisan yang ada.

Misalkan kamu ingin membuat artikel tentang melihat kebun bunga. Untuk SEO Cobalah untuk mencari kata kunci di Google seperti melihat, kebun, dan bunga ke dalam Adwords, jika kurang banyak, coba bandingkan dengan kata gantinya yang memiliki arti sama. Jika kata ganti tersebut yang memiliki jumlah pencarian lebih banyak, gunakan kata ganti tersebut di sebagian besar tulisan kamu. Hal tersebut akan meningkatkan visibilitas kamu di mata Google.

2. Menyusun judul yang ramah SEO

menyusun judul

Anda wajib untuk memilih judul yang bisa menonjol diantara tulisan lain yang serupa. Mesin pencari Google lebih memilih judul yang memiliki 40 sampai dengan 70 karakter. Tentunya kata-kata yang dipilih untuk SEO dalam judul harus disesuaikan dengan seberapa populernya kata-kata tersebut di mesin pencari. Semua kata yang ada di judul harus terdapat di awal, akhir dan pertengahan paragraf tanpa terputus untuk meningkatkan kemungkinannya berada di halaman atas Google.

3. Masukkan Meta Description

masukan meta description


Meta Description merupakan 140 karakter yang mewakili tulisan yang kamu buat. Meta description inilah yang akan dilihat mesin pencari Google dalam proses pencariannya. Hal ini merupakan aspek yang sangat penting dalam SEO karena 140 karakter harus dipilih secara cermat agar optimal dan muncul di halaman teratas mesin pencari.

4. Jumlah kata dalam postingan

jumlah kata

Untuk tulisan dalam media digital. Kita sebagai penulis tidak bisa memasukkan terlalu banyak kata dalam satu paragraf. Apalagi banyak paragraf dalam suatu artikel. Untuk mengoptimalkan kinerja SEO dan mempermudah mesin pencari Google menemukan artikelmu, jumlah kata-kata dalam artikelmu batasi sedari 400-700 kata. Selain mengoptimalkan mesin pencari, pembaca pun akan malas jika tulisan dalam artikelmu terlalu panjang.

5. Optimalisasi konten foto

Mungkin hal ini banyak luput dari perhatian penulis. Tapi, penting untuk melakukan optimalisasi SEO dalam konten foto. Mengapa? Karena, selain mencari artikel atau kata-kata, mesin pencari Google juga mempunyai daya untuk mencari gambar terkait. Maka dari itu, hindari judul yang terlalu umum. Gunakanlah nama file gambar yang pendek namun deskriptif dan detail untuk setiap foto.

Selain itu, ada fitur yang bernama teks alternatif. Jadi, setiap gambar mempunyai teks alternatif yang mendeskripsikan foto tersebut. tentunya teks ini akan muncul jika dicari di mesin pencari dan secara tidak langsung akan membawa pencari ke situsmu. Menarik bukan?

Sekian panduan Search Engine Optimization (SEO) bagi pemula. Sesungguhnya, masih banyak faktor yang mempengaruhi hasil pencarian mesin pencari dalam bekerja. Namun, poin diatas adalah beberapa faktor yang paling penting dalam pengoptimalan mesin pencari. Selamat mencoba!

Baca juga : 5 Cara Membuat Strategi Bisnis Untuk Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here