3 Tips Memilih Supplier untuk Membangun Bisnis Kuliner Anda

0
15
3 Tips Memilih Supplier untuk Membangun Bisnis Kuliner Anda

Dalam menjalankan bisnis kuliner, terlebih lagi saat masih awal, tentu tidak bisa dijalankan seorang diri.

Anda pasti membutuhkan pasokan barang untuk dapat mengembangkan usaha ke taraf yang lebih tinggi. Untuk itu, Anda perlu memiliki supplier atau pemasok yang baik.

Dalam mencari supplier memang tidaklah mudah. Karena, supplier yang Anda pilih akan mempengaruhi kelancaran proses pemasokan bahan baku restoran Anda.

Bahkan, masa depan bisnis Anda kemungkinan besar akan dipengaruhi oleh bagaimana kinerja supplier yang Anda pilih sebelumnya. Salah-salah memilih, pelanggan Anda justru bisa kecewa hanya karena kesalahan supplier Anda.

Baca Juga : 20 Usaha Makanan Ringan Yang Dapat Dititipkan Di Warung-Warung

Oleh karena itu, agar kelancaran bisnis Anda tidak terganggu dengan kinerja buruk dari supplier, berikut 3 tips memilih supplier yang baik, khususnya bagi Anda pemilik usaha makanan.

Berikut 3 Tips Memilih Supplier untuk Membangun Bisnis Kuliner Anda

1. Ketahui benar apa yang sebenarnya Anda butuhkan

Ini dia tips memilih supplier yang pertama. Tentunya Anda perlu mengetahui dahulu apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan bisnis kuliner. Misalnya, Anda ingin mendirikan restoran khusus yang menjual burger.

Maka, Anda harus memastikan bahan apa saja yang akan Anda beli dari supplier dan mana yang akan Anda buat sendiri. Biasanya restoran burger akan membuat patty dan sausnya sendiri . Sisanya akan dibeli dari supplier yang terpercaya.

2. Cari supplier yang dapat memberikan kualitas dan kuantitas

Setelah merumuskan apa saja yang menjadi kebutuhan, saatnya Anda memilih supplier yang mampu mewujudkannya kebutuhan Anda.

Dalam mencari informasi supplier yang sekiranya cocok dengan bisnis Anda dapat dengan bertanya kepada para teman teman sesama pebisnis.

Mengingat biasanya para pebisnis memiliki pergaulan yang cukup luas. Penting juga Untuk Anda menanyakan rekam jejak supplier yang disarankan orang lain.

Baca Juga : Inilah 7 Langkah Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Perlu diingat bahwa kualitas dan kuantitas harus dipenuhi secara beriringan. Sebab, keduanya adalah dua hal yang saling berkaitan dan mengandung konsekuensi yang sama.

Bila supplier Anda punya kualitas tapi tidak kuantitas, maka kelancaran bisnis Anda yang akan terganggu. Sebaliknya, kalau hanya kuantitas tanpa kualitas maka konsumen Anda yang akan menanggung akibatnya.

Akhirnya, produk Anda pun tidak lagi dipercaya oleh pasar. Hal ini pun sering terjadi di dunia bisnis F&B. Perubahan bahan baku yang Anda gunakan dapat langsung terasa oleh pelanggan setia Anda.

Saat Anda sudah mendapatkan rekomendasi, maka jangan ragu untuk membuka jalur komunikasi terlebih dahulu. Proses komunikasi ini dapat dimulai dengan bertanya tanya tentang bagaimana pihak supplier dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Sebab, banyak bisnis yang harus menanggung rugi hanya karena suppliernya yang kurang professional dalam kinerjanya.

3. Perhatikan harga jual dan pelayanan ditawarkan

Wajar jika Anda ingin mendapatkan bahan baku dari supplier dengan harga murah karena ingin mendapat untung yang besar.

Namun harga murah biasanya tidak dibarengi dengan kualitas yang diberikan. Syukur-syukur Anda dapat bahan baku dengan harga murah tapi kualitas bagus. Namun jika tidak, itu tidak menjadi masalah jika Anda mendapat supplier yang menawarkan harga sedikit lebih mahal dengan kualitasnya yang terjamin.

Selain kualitas barang, Anda pun harus melihat kualitas pelayanan yang mereka berikan. Misalnya, setelah membayar, bahan baku akan dikirim segera mungkin supaya cepat sampai. Jangan sampai Anda mengalami keterlambatan saat pengiriman bahan baku sementara pelanggan Anda sudah menunggu lama.

Dari tiga tips di atas, yang tidak kalah penting adalah sebelum membeli bahan-bahan makanan seperti sembako untuk restoran atau usaha F&B yang Anda miliki, Anda harus melakukan perbandingan kualitas pelayanan, produk, dan kecepatan pengiriman.

Baca Juga : 15 Tips Berbisnis Kuliner Sampai Sukses Khusus Pemula

Karena satu supplier pasti memiliki kebijakan yang berbeda dengan supplier lainnya, dan Anda perlu mengambil keputusan dengan lebih bijak terhadap satu supplier.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, proses pengambilan keputusan semacam ini bisa dipersingkat dengan kehadiran teknologi.

Berbagai platform berbelanja bahan baku online memungkinkan Anda jadikan untuk memilih bahan baku dengan lebih akurat. Anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan tawar-menawar sebagaimana yang Anda biasa lakukan di pasar atau toko fisik.

Estimasi harga yang terekam secara digital sudah dihitung dengan otomatis dan akurat di platform virtual, sehingga Anda tidak perlu melakukan kalkulasi secara manual lagi.

Dengan memperhatikan 3 hal di atas, Anda akan menghadapi lebih sedikit kesulitan dalam menemukan supplier untuk menjalankan dan mengembangkan usaha Anda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here