15 Peluang Bisnis Ritel dengan Keuntungan Besar

0
98
15 Peluang Bisnis Ritel dengan Keuntungan Maksimal

Harus diakui, peluang bisnis retail pada mungkin masih misterius bagi beberapa kalangan.

Apalagi di tengah persaingan bisnis online yang semakin banyak memakan pangsa pasar retail konvensional.

Meskipun begitu, fenomenal ini sebetulnya dapat menjadi peluang bisnis baru yang potensial. Tentunya dengan mengetahui dalam bidang apa Anda harus bergerak.

Mengetahui ingin menggeluti di bidang apa adalah modal penting sebelum terjun ke dalam peluang bisnis ritel masa depan. Mengapa? Karena knowing is half the battle.

Tanpa insights, maka Anda akan kesulitan menentukan arah bisnis selanjutnya. Oleh karena itu, mengingat betapa pentingnya inisghts, berikut peluang bisnis ritel yang akan booming pada tahun mendatang.

15 Peluang Bisnis Ritel dengan Keuntungan Maksimal

1. Barang-barang berbahan organik

Peluang bisnis ritel pertama adalah barang-barang berbahan organik. Dewasa ini, masyarakat Indonesia semakin teredukasi dengan ragam konten di internet.

Kini mereka semakin sadar tentang betapa pentingnya keamanan dari produk-produk yang mereka gunakan. Baik itu untuk dikonsumsi, atau pun untuk dikenakan sehari-hari. Selain itu, tren kembali ke alam juga semakin meningkat pesat setiap tahunnya.

Maka itu, masyarakat global kini mulai tertarik dengan barang berbahan organik, karena mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya.

Baca Juga : Berikut 5 Bisnis yang Bisa Membuat Cepat Kaya

Pasti banyak dari Anda yang berpikiran kalau bahan organik ini terbatas pada sayuran dan buah-buahan saja. Memang ini tidak salah, namun teknologi telah begitu berkembang hingga bahan organik bukan saja bisa ditemukan pada makanan saja.

Bahkan, industri tekstil juga sudah mulai menggunakan bahan organik. Contohnya seperti katun organik yang kini mulai digunakan untuk keperluan bayi. Mulai dari handuk, sprei, selimut, hingga popok bayi juga mulai tersedia.

2. Bisnis denim

Denim merupakan salah satu fashion item yang timeless atau tidak akan terlekang oleh zaman. Minat masyarakat terhadap denim akan selalu tinggi dan pemain baru dalam industri akan selalu hadir.

Oleh karena itu, Anda memiliki dua pilihan yaitu ikut terjun dengan mendirikan brand denim tersendiri, atau menjadi penjual produk-produk denim yang sudah ada di pasaran.

Setiap pilihan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Disisi lain, mendirikan brand denim sendiri akan dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Namun, di sisi lain, harus merogoh kocek cukup dalam untuk modal.

Namun, apabila Anda hanya sebagai reseller, maka Anda tidak membutuhkan modal dan effort yang terlampau besar. Hanya saja, keuntungannya juga cukup terbatas.

Maka dari itu, bila Anda hanya bermaksud untuk menjadikan bisnis denim sebagai usaha sampingan, menjadi reseller bisa menjadi alternatif pilihan.

3. Bisnis-bisnis yang bersinggungan dengan dunia sepatu

Peluang bisnis sepatu diprediksi akan semakin booming seiring dengan meningkatnya antusiasme masyarakat dengan merek sepatu lokal.

Masyarakat sekarang rela untuk berbondong bondong membeli merek sepatu lokal dengan harapan untuk dijual kembali, sebagai koleksi, atau untuk digunakan sendiri.

Selain itu bermain pada industri sepatu lokal, Anda juga bisa menjadi importir sneakers merek luar negeri yang lekat dengan streetstyle.

Kini anak muda Indonesia semakin akrab dengan sneakers bergengsi sehingga mereka mulai tahu mana yang mampu menunjang penampilannya.

Selain bergerak pada sisi penjualan, Anda juga bisa memulai bisnis dalam bidang jasa seperti pencucian sepatu atau kustomisasi sepatu.

Tentu saja hal ini dilatarbelakangi oleh seiring meningkatnya perhatian anak-anak muda tentang cara merawat sepatu. Dengan begitu, mereka kini lebih percaya tangan-tangan profesional untuk melakukannya.

4. Dealer sepeda motor

Industri otomotif adalah salah satu sektor usaha yang terus bergeliat. Diprediksi industri ini akan mengalami pertumbuhan yang diakibatkan oleh beberapa faktor.

Mulai dari relaksasi di sektor keuangan sampai BI Rate yang turun. Selain itu, sekarang merek motor besar tanah air juga telah meluncurkan produk terbaru mereka yang mencuri perhatian khalayak.

Relaksasi di sektor keuangan ini bisa menjadi semacam stimulus bagi para konsumen. Dengan pembiayaan yang semakin mudah, masyarakat akan semakin tergerak untuk membeli motor yang notabene masih jadi primadona sektor otomotif tanah air.

Oleh karena itu, dealer sepeda motor layak masuk dalam tren bisnis yang diprediksi akan booming.

5. Bisnis mebel dan furnitur

Belum puas dengan peluang bisnis ritel di atas? Tertarik untuk mencoba bisnis mebel dan furnitur? nyatanya sekarang banyak generasi milenial yang memulai keluarganya sendiri.

Konsekuensinya adalah mereka harus memiliki tempat tinggal sendiri supaya tidak lagi bergantung dengan orangtua.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Modal Kecil Khusus untuk Kaum Milenial

Maka itu, mereka sudah mulai mencari pilihan furnitur yang sekiranya cocok dengan selera mereka.

Dalam membidik millennial sebagai target pasar, ada dua hal yang harus Anda perhatikan. Pertama dari segi desain furnitur.

Milenial memiliki selera yang berbeda dengan generasi sebelum-sebelumnya. Karena telah terekspos dengan inspirasi modern khas luar negeri, biasanya mereka lebih memilih furnitur yang minimalis dan nyaman. Berbeda dengan furnitur idaman generasi X yang lebih didominasi elemen-elemen kayu.

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah dari segi harga dan pembiayaan. Tidak dapat dipungkiri kalau belum semua milenial memiliki sumber daya yang sama. Maka, harga dan pembiayaan masih menjadi perhatian utama mereka.

Untuk itu, Anda bisa menyediakan skema pembiayaan yang cocok untuk pola keuangan para milenial. Misalnya, dengan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan pembiayaan dengan cicilan ringan.

6. Perangkat Audio Multi-Room

Semua orang pasti ingin suasana rumah yang lebih nyaman. Ada beragam cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menikmati suasana yang didukung oleh musik-musik kesukaan. Maka dari itu keinginan masyarakat akan perangkat audio yang canggih akan semakin tinggi.

Terlebih lagi para millennial kini memiliki standar yang tinggi tentang kualitas audio. Minat akan konten-konten streaming pun semakin tinggi sehingga kualitas konten pun semakin baik.

Dengan menggunakan perangkat audio multi-room berkualitas, pengalaman cinematic juga akan semakin baik.

7. Bahan-bahan dari kain tenun

Berbisnis kain tenun adalah salah satu cara untuk melestarikan budaya nusantara. Selain baik untuk kelestarian budaya, kain tenun adalah ladang bisnis yang cukup menarik untuk dieksplorasi.

Anda dapat memulai bisnis kain tenun dengan bekerja sama dengan pengrajin di daerah daerah tertentu.

Anda bisa memanfaatkan e-commerce dan media sosial sebagai sarana pemasaran. Dengan memaksimalkan fitur iklan pada media sosial, produk Anda dapat menyasar orang-orang yang lebih sesuai dengan target pasar. Tertarik untuk menyelami peluang bisnis ritel ini?

8. Cuci sofa dan kasur

 

Pernahkah Anda mendengar tungau? Serangga kecil yang hidup di kasur dan sofa ini menjadi alasan kenapa orang orang lebih perhatian dengan kebersihannya. Maka kini mulai banyak orang yang memercayakan tenaga profesional untuk membersihkannya.

Dengan alat yang tepat Anda dapat memulai bisnis cuci sofa dan kasur untuk memulai bisnis ini. Sekali lagi, manfaatkan media sosial untuk menawarkan jasa ini karena media sosial adalah platform terbesar di mana milenial dan Gen Z.

9. Sewa apartemen, indekos, atau kontrakan

Berkat internet, memasarkan apartemen indekos atau kontrakan kini semakin mudah. Dengan jarak sewa yang fleksibel dan dengan menciptakan ambiance yang unik, hunian yang Anda tawarkan pastinya akan semakin menarik minat penyewa.

Terlebih lagi apabila lokasi apartemen, indekos, kontrakan ini berada di kawasan strategis. Artinya, dekat dengan pusat hiburan, jalan raya, atau transportasi.

Bila Anda memiliki kamar kosong pun bisa dimanfaatkan menjadi akomodasi dalam Airbnb. Strategi semacam ini bisa membuat Anda memanfaatkan aset-aset “menganggur” menjadi mesin pencetak uang.

Baca Juga : 16 Ide Bisnis Sampingan Terbaik yang Paling Menguntungkan

Bahkan, Anda juga bisa menawarkan jasa untuk eksplorasi pengalaman-pengalaman seru di kawasan Anda. Wah, peluang bisnis ritel yang menarik, ya!

10 Toko kelontong

Ini dia peluang bisnis retail yang selanjutnya. Tahukah Anda, toko kelontong kini dilirik sebelah mata karena hadirnya minimarket bermodal besar. Alhasil, banyak yang ragu untuk terjun ke dalam bisnis ini.

Padahal, kebutuhan akan barang-barang kebutuhan harian akan selalu tinggi. Terlebih lagi tidak semua kawasan sudah tersentuh oleh minimarket-minimarket tersebut. Inilah peluang yang bisa Anda ambil.

Dalam memulai bisnis toko kelontong terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari lokasi, supplier yang tepat, layout toko kelontong, dan promo promo untuk menarik minat para pelanggan.

Untuk memulai bisnis toko kelontong Anda dapat bekerja sama dengan skema kemitraan dengan beberapa brand besar.

Itulah 10 peluang bisnis retail yang akan booming . Setelah membaca 10 bisnis di atas, manakah yang menjadi pilihan Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here