11 Tips Laris Jualan di Instagram Untuk Pemula

0
91

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan utama semua orang dalam beraktivitas. Selain untuk browsing, mencari informasi, nonton youtube, Internet juga bisa dijadikan sebagai lahan mencari penghasilan.

Cara untuk mendapatkan penghasilan di internet pun beragam. Ada yang menjadi seorang youtuber dengan membuat konten beragam dan menarik. Ada yang menjadi blogger dengan mengandalkan kemampuan menulis untuk mendapatkan uang dari internet.

Selain itu bisa pula menjadi seorang pengusaha yang memanfaatkan peluang bisnis seperti memiliki toko online shop. Baik lewat website, akun sosial media, ataupun marketplace yang tengah populer di dunia maya.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan untuk berjualan selain facebook, adalah di instagram. Seperti yang diketahui bersama Instagram merupakan media sosial yang memfasilitasi penggunannya untuk berbagi foto terbaik yang mereka miliki.

Belakangan ini instagram mengalami perubahan yang signifikan, yaitu tersedianya fitur instastory dan juga IG TV. Dengan fasilitas tersebut tentunya lebih memudahkan para pelaku online shop untuk bisa mengoptimalkan penjualannya.

Berjualan di dunia maya memang akan terasa beda. Para pelaku usaha, baik bisnis online atau offline diperlukan strategi khsusus agar produk sampai pada target pasar yang sesuai.

Jika Anda sedang merintis usaha lewat media sosial instagram, berikut akan kami berikan 11 Tips Laris Jualan di Instagram untuk Pemula.

1. Buat Akun Khusus Jualan

Langkah pertama untuk bisa Jualan di instagram tentunya Anda harus membuat akun khusus jualan. Artinya, jangan sampai menggunakan nama pribadi di akun tersebut. Fungsinya agar akun yang dibuat lebih profesional dan tidak tercampur dengan urusan pribadi Anda.

Baca Juga : Kenapa Harus Pilih Instagram Untuk Jualan?

Untuk membuat akun khusus jualan ini sebaiknya menggunakan nama akun yang mengandung “kata kunci” yang biasa dicari oleh orang lain. Sebagai contoh, jika Anda menjual buku buku bacaan untuk anak maka akun yang ditulis adalah @jualbukuanak_bdg atau @jual_bukuanak_bandung.

Apabila Anda menjual produk dalam jumlah banyak bisa dengan menuliskan akun @grosir_bukuanak_bdg. Hal ini berlaku untuk produk lain yang memang disesuaikan dengan barang jualan Anda.

Dengan menuliskan akun yang mengandung kata kunci, maka kemungkinan besar akun Anda akan menjadi akun yang mudah dicari dalam pencarian.

Jika bingung menentukan kata kunci tersebut, bisa riset terlebih dahulu lewat google. Dengan mengetikkan kata kunci “jual buku anak”. Nama-nama yang muncul saat pencarian itulah yang bisa Anda gunakan sebagai akun jualan Anda.

2. Buat Website sebagai landing Page, Bisa Juga sebagai Toko Online

 

Ada 2 jenis cara jualan di instagram,

  1. Menggunakan Instagram hanya sebagai media promosi saja, kemudian mengarahkan follower atau calon pembeli ke website landing page. ( rekomended )
  2. Menggunakan instagram sebagai lapak dan sekaligus jualan.

Bagi saya, yang paling ideal adalah poin pertama, kenapa? karena anda akan menghemat waktu lebih cepat dan alur penjualan semi otomatis. Anda juga menjadi lebih mudah dalam mengatur pesanan dari para pembeli.

Misalnya anda mempromosikan baju atau makanan di instagram, kemudian mengarahkan follower ke toko online milik anda, maka follower akan memilih melakukan transaksi pembelian di website anda.

3. Mencari followers yang banyak dan tertarget

Setelah membuat akun, langkah selanjutnya adalah mencari followers yang sesuai dengan produk Anda. Misalkan, Anda menjual buku-buku bacaan. Maka target followers Anda adalah orang orang yang minat terhadap buku tersebut.

Untuk mencari orang yang minat terhadap produk Anda, bisa dengan mencarinya di akun komunitas penulis, mahasiswa, komunitas membaca, dan komunitas lainnya yang sekiranya memang minat terhadap dunia literasi.

Bagi Anda yang menjual makanan, bisa mencarinya di akun yang berhubungan dengan dunia kuliner. Begitu pula untuk penjualan lain bisa disesuaikan akun penjualan Anda.

Tujuannya membidik followers dari komunitas tersebut agar Anda tidak buang-buang waktu dan tenaga terhadap followers yang tidak menyukai akun Anda.

Bila ingin memfollow mereka harus memiliki sebuah stretegi sendiri agar pihak instagram tidak memblokir akun Anda.

Oleh karena itu, dalam setiap jam Anda hanya bisa memfollow 40 orang saja. Dan idelanya dalam sehari Anda bisa memfollow 200 orang yang dibagi dalam lima waktu. Jika lebih pun tidak apa-apa, hanya saja Anda harus konsisten untuk melakukannya.

Setelah akun yang Anda inginkan tercapai, misalkan 100 ribu followers lebih baik jika akun Anda diprivate. Hal ini untuk mengundang followers lain semakin penasaran dengan produk yang Anda jual.

4. Upload Foto Produk Jualan dengan keterangan yang Lengkap dan Menarik

 

Langkah selanjutnya adalah dengan mengupload foto-foto produk jualan Anda. Foto yang diupload untuk awal berjumlah 30 photo.

Untuk mengupload photo sebaiknya memperhatikan tentang kejelasan dari gambar agar tidak menimbulan persepsi yang berbeda dari semua orang. Selain jelas produk yang ditampilkan pun harus detail dan pencahayan dari photonya juga harus diatur.

Selain gambar yang jelas, Anda harus bisa menampilkan caption tulisan yang memuat segala informasi tentang produk tersebut.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kata-kata promosi yang menarik secara singkat, padat, dan jelas. Selain kata-kata promosi sebagai cara promosi produk, tuliskan pula deskripsi dari produk tersebut, seperti :

Judul Buku:
Penerbit:
Penulis:
Jumlah Halaman:
Berat buku:
Harga:

Dan informasi lainnya yang berkaitan dengan produk tersebut. Contoh deskripsi di atas adalah untuk Anda yang memang menjual produk buku. Jika Anda menjual produk lain, maka deskripsi yang ditulis bisa anda  disesuaikan.

Untuk mengupload foto ke akun instagram Anda sebaiknya dilakukan pada jam jam yang paling banyak membuka sosial media. Yaitu antara pukul 08.00- 09.00, kemudian jam istirahat kerja 12.00-13.00, jam sebelum pulang kantor 16.00-17.00 dan jam menjelang istirahat 20.00-21.00.

Mengupload photo pada jam jam tersebut bisa meningkatkan penjualan karena banyak orang yang sedang bersantai dan ingin menggunakan sosial media.

5. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Seperti yang diketahui bersama, instagram ini sangat populer dengan yang namanya hashtag. Hashtag tersebut adalah kaat kunci yang memudahkan seseorang untuk mencari atau terhubung dengan akun Anda.

Maka ketika Anda mengupload photo dan membuat deskripisnya jangan lupa untuk memberikan hashtag. Penggunaan hashtag ini bisa menggunakan aplikasi lain yaitu aplikasi hashtag.

Baca Juga : Ini Dia Cara Menghasilkan Uang Dari Sosial Media Instagram

Cara kerjanya dengan memasukkan produk jualan Anda. Misalnya “Buku Anak” maka aplikasi tersebut memberikan referensi hashtag yang paling banyak dicari oleh pengguna instagram.

Dalam penggunaan hastag jangan lupa berikan pula hastag nama bran produk Anda. Semakin sering Anda menuliskan, maka semakin lama nama brand Anda akan semakin sering muncul di instagram.

6. Upload Testimoni dari Pelanggan Anda

Langkah selanjutnya adalah mengupload testimoni dari pelanggan Anda. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen kepada produk Anda.

Biasanya testimoni tersebut bisa dari komunikasi Anda lewat SMS, BBM, Whats’app, Pesan Masuk di Instagram dan lainnya. Anda bisa melakukan screenshot pada testimoni tersebut dan menguploadnya di Instagram.

Namun, ketika Anda hendak menguploadnya jangan lupa untuk menyamarkan nomro, nama ataupun percakapan lain yang tidak seharusnya dipajang. Hal ini untuk menjaga privasi dari konsumen Anda.

Selain mengupload testimoni, bisa juga dengan memajang resi pengiriman barang sudah dipacking dan akan dikirimkan.

Cara tersebut juga bisa mengundang kepercayaan dari calon konsumen. Bisa jadi setelah itu banyak orang yang ingin membeli produk Anda.

7. Menggunakan Akun Bisnis

Berikutnya untuk bisa berjualan laris di instagram bisa dengan menggunakan akun instagram bisnis. Dengan menggunakan akun tersebut, calon pelanggan akan akan merasa yakin dan percaya bahwa akun yang Anda kelola adalah akun profesional.

Keunggulan menggunakan akun tersebut adalah setiap harinya bisa melihat orang-orang yang mengunjungi akun Anda. Sehingga Anda bisa menganalisa seberapa besar minat konsumen terhadap produk-produk yang Anda jual.

Biasanya angka tersebut akan muncul di atas profil Anda. Bila followers Anda sebanyak 5.000 dan yang melihat ada 500 orang atau 10 persen dari followers Anda, maka akun tersebut bisa disebut dengan akun yang bagus serta efektif.

Untuk membuat akun tersebut cukup mudah, pergi ke menu pengaturan scrool ke bawah dan Anda akan menemukan “akun bisnis”. Setelah itu, tinggal mengikuti instruksi yang disesuaikan dengan produk jualan Anda.

Untuk menggunakan akun bisnis ini biasanya instagram akan menyuruh Anda untuk membuat halaman atau fanpage di facebook. Maka dari itu, Anda harus membuat terlebih dahulu dan mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang diinstruksikan.

8. Lakukan Endorsedan Paid Promote

Maraknya pengguna instagram dari mulai kalangan artis, pejabat, hingga tokoh lokal menjadikan kesempatan emas bagi pelaku usaha bisnis untuk bekerja sama dengan mereka.

Karena banyaknya followers mereka, membuka kesempatan bagi penjual untuk melakukan endorse ataupun paid promote.

Cara tersebut merupakan salah satu langkah untuk bisa menambah followers pada akun Anda. Selain itu bisa juga membuat akun Anda dilirik oleh orang orang sehingga mereka tertarik untuk membeli produk anda.

Untuk menghubungi para selebgram tersebut tergolong mudah. Karena biasanya mereka akan memasang nomor kontak di profil akun mereka.

Harga yang dikeluarkan biasanya bergantung pada jumlah, jenis, dan banyaknya followers. Sehingga siapapun bisa melakukan hal tersebut sesuai dengan budget yang dimilikinya.

9. Lakukan Tagdan Share

 

Untuk memperkenalkan akun Anda secara luas dan produk yang dijual menjadi laris manis, bisa melakukan dengan tag dan share kepada konsumen maupun calon konsumen Anda.

Sebaiknya orang yang ditag tersebut sebanyak 3 sampai 5 orang agar tidak terganggu. Orang tersebut bisa pelanggan Anda ataupun calon pelanggan Anda.

Bila Anda ingin melakukan tag dan share ini berulang-ulang, maka bisa memilih orang lain kembali untuk dijadikan “sasaran” dalam hal tersebut.

10. Giveawayatau Diskon untuk Follower

Jika Anda menggunakan instagram, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tawarkan diskon atau giveaway dari sebuh akun.

Giveaway atau diskon yang diberikan untuk followers Anda yang aktif mengikuti kuis atau sayembara bisa Anda lakukan.

Cara ini cukup efektif karena biasanya syarat untuk mendapatkan hadiah atau diskon tersebut adalah dengan mentag teman dari followers Anda.

secara tidak langsung cara tersebut membantu Anda dalam melakukan promosi kepada setiap orang.

untuk mengadakan giveaway atau diskon ini bisa diadakan saat hari-hari penting ataupun pada hari spesial lainnya.

11. Melakukan Teknik Soft Selling

Akun Anda memang dikhususkan untuk berjualan. Tetapi cobalah seskali untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Caranya bisa dengan menggunakan teknik soft selling. Yaitu mengupload poto berisikan quotes ataupun lainnya yang bisa berinteraksi dengan para followers.

Walaupun terkesan tidak bejualan sebenarnya cara ini merupakan soft selling yang bisa membangun kedekatan dengan konsumen.

Selain itu bisa pula menggunakan instastory yang memiliki fitur jejak pendapat ataupun pertanyaan. Dari situ Anda bisa mengetahui seberapa besar konsumen yang mengunjungi akun tersebut.

Fakta Tentang Pengguna Instagram di Indonesia

Terdapat sebuah fakta menarik tentang pengguna instagram di Indonesia. survey ini dilansir dari beberapa website yang ada. Tentunya data ini bisa untuk acuan meningkatkan kembali akun penjualan di Instagram.

  1. Di Asia Indonesia berada pada urutan kedua sebagai penduduk yang paling banyak menggunakan sosial media tersebut. Sedangkan di dunia menduduki posisi ke 4.
  2. Dari tahun ke tahun, pengguna Instagram di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 2 kali lipat.
    89 % pengguna instagram di Indonesia berusia 18-34 tahun. Oleh karena itu, produk jualan Anda bisa menyesuaikan dengan umur pengguna tersebut.
  3. 63 % pengguna instagram di Indonesia berjenis kelamin perempuan. Karenanya, produk jualan Anda bisa dikhsususkan untuk wanita.
  4. 45 % pengguna instagram di Indonesia adalah seorang pembeli aktif. Artinya mereka akan membeli barang barang yang menarik hati mereka.

Baca Juga : Cara Optimasi Instagram untuk Jualan Online, Dijamin Ampuh

Demikian infromasi tentang tips agar laris jualan di Instagram. Sosial media ini terbukti sedang naik daun dan digandrungi oleh anak remaja, dewasa, maupun tua. Karena begitu potensial, banyak orang yang beralih menggunakannya sebagai lahan mencari rezeki.

Sosial media ini pada dasarnya diciptakan untuk hal yang bermanfaat. Namun, semuanya tergantung kepada niat dan tujuan Anda untuk membuat akun tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan sukses selalu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here