10 Waralaba Minimarket Modal Kecil dan Besar

0
43

Waralaba minimarket bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membuka toko retail modern tanpa harus memikirkan merek pasalnya, penyedia waralaba sudah memiliki brand dan standar operasional sendiri. Tugas Anda sebagai mitra tinggal melaksanakan sesuai aturan dari penyedia franchise.

Nah, sebagai referensi, berikut ini 10 daftar franchise minimarket dengan modal kecil dan besar yang menguntungkan.

Waralaba Modal Kecil

Dalam bisnis franchise minimarket dengan modal kecil, kriterianya tidak bisa dipastikan meski begitu, Anda bisa mengacu pada kriteria usaha yang kecil berdasarkan modal.

Sampai saat ini, bisnis yang dikelompokkan bermodal kecil jika dana awalnya kurang dari Rp200 juta.

Dengan berpedoman pada persyaratan tersebut, ini empat daftar franchise minimarket modal kecil yang harus Anda ketahui.

  1. Waralaba Lotte Grosir

Anda pernah berbelanja di Lotte Mart? Lotte Grosir merupakan bagian dari Lotte Mart Indonesia yang menyediakan kerja sama dengan waralaba toko Mitra Usaha Kita-Kita (TMUK), itulah nama bisnis franchise besutan Lotte Grosir.

Program TMUK membidik warung-warung tradisional untuk diubah menjadi minimarket dari mulai penataan eksterior sampai interiornya.

Selain itu, minimarket  yang akan Anda peroleh fasilitas rak, setting interior, perlengkapan, peralatan training, dan sewaan software operasional dan jika Anda serius menjalankan bisnis waralaba Lotte Grosir, modal bisa kembali dalam waktu sekitar 24 bulan. Untuk mencapai target ini, pihak Lotte Grosir akan memberikan pembinaan dan studi kelayakan secara berkala.

  1. Waralaba LeuMart

LeuMart merupakan hasil kongres ekonomi Ummat di Hotel Sahid Jakarta pada tanggal 21 – 24 April 2018 penyelenggara kongres ialah Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam kongres disebutkan, salah satu fokus programnya, yakni yang menyukseskan pengembangan gerai LeuMart dan mengacu pada keputusan tersebut, pengelola LeuMart menawarkan empat tipe kemitraan.

Pertama, gerai berupa warung dengan modal awal Rp12 juta dan produk konsinyasi Rp20 juta.

Kedua, gerai berupa minimarket bermodal mulai Rp74 juta. Jumlah ini sudah termasuk perlengkapan, kerja sama, dan produk konsinyasi.

Tugas pemilik gerai hanya menyiapkan tempat, petugas kasir, koneksi internet, dan listrik sementara risiko kedaluwarsa atau tidak laku, menjadi tanggung jawab PT Leu Ritel Indonesia.

  1. Waralaba Rajawali Mart

Meski minimarket Rajawali Mart tidak tenar seperti Alfamart atau Indomaret, namun dengan sistem waralabanya layak untuk dicoba oleh para pemula dan sebelum menjadi minimarket Rajawali merupakan penyalur gula pasir dan daging selain itu, Rajawali juga menjadi anak usaha di segmen kesehatan.

Namun kini Rajawali berkomitmen untuk melebarkan sayap ke bisnis retail modern dan salah satunya franchise minimarket Anda perlu modal minimal Rp150 juta untuk memiliki brand Rajawali Mart kemudian, siapkan lokasi bisnis yang strategis sebagai syarat membeli brand waralaba Rajawali Mart.

  1. Waralaba Homart

Homart baru dibuka pada tahun 2011 silam meski tergolong baru, Homart cukup dikenal oleh masyarakat dan bahkan, minimarket besutan PT Immortal Store ini menawarkan waralaba modal kecil anda hanya harus menyediakan uang Rp60 juta untuk memperoleh fasilitas Homart.

Baca juga: 10 Cara yang Harus Dilakukan untuk Membuka Bisnis Minimarket Rumahan dengan Modal Sendiri

Waralaba Modal Besar

Anda memiliki modal diatas Rp200 juta? Dengan dana minimal Rp200 juta, Anda bisa membuka bisnis franchise minimarket yang besar tentu dengan fasilitas dan barang di minimarket tersebut lebih lengkap.

  1. Waralaba Indomaret

Siapa yang tidak kenal Indomaret? Gerainya yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, dari kota hingga ke desa jika dihitung sejak tahun 1997, gerai Indomaret kini berjumlah 13.000 toko.

Walaupun jaringannya sudah besar, Indomaret tetap berupaya memperluas jangkauannya hal ini telah dibuktikan dengan kesempatan berbisnis waralaba yang dibuka oleh Indomaret untuk badan usaha maupun perorangan.

Syaratnya cukup mudah mitra hanya perlu menyediakan luas area sekitar 120—200 meter persegi dan area tersebut harus berada di kawasan strategis. Selain itu, siapkan uang senilai Rp394 juta sebagai modal investasi.

  1. Waralaba Alfamart

Popularitas Alfamart dianggap mampu bersaing dengan Indomaret. Pasalnya, gerai Alfamart pun sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan, di beberapa kota, Alfamart kerap dibangun di sebelah Indomaret.

Perkembangan minimarket Alfamart lebih cepat dan alfamart sudah berdiri pada tahun 1999, tetapi sudah memiliki 11.500 jaringan minimarket untuk memperluas minimarket tersebut, Alfamart membuka program waralaba.

Syarat utama mendapatkan waralaba Alfamart, yakni harus memiliki area minimal 800 meter persegi dan adapun pilihan waralaba yang ditawarkan, meliputi tipe 9 rak senilai Rp300 juta, 18 rak investasinya sebesar Rp350 juta, 36 rak senilai Rp450 juta, serta jumlah 45 rak berbayar Rp500 juta.

  1. Waralaba Alfamidi

Memiliki nama yang hampir mirip dengan Alfamart, Alfamidi justru berkembang lebih pesat meski didirikan pada tahun 2007, gerai Alfamidi sudah mencapai 1.300 minimarket lokasinya tersebar di seluruh Indonesia, dari mulai perkotaan sampai pedesaan.

Jika berbisnis waralaba dengan Alfamidi, banyak fasilitas yang bisa Anda dapatkan misalnya seperti survei lokasi, persiapan operasional toko, dukungan perizinan, serta beberapa fasilitas lain terkait promosi dan pemasaran.

Lalu, berapa biaya investasi waralaba Alfamidi? Beberapa sumber menyebutkan, nilai investasi minimal Alfamidi senilai Rp1,2 miliar. Jumlah modal fantastis, bukan? Namun tidak perlu ragu memilih Alfamidi dengan keuntungan yang dijanjikan juga fantastis, yakni mencapai Rp750 juta.

  1. Waralaba Socamart

Soca ialah perusahaan yang menawarkan jaringan retail modern berbasis waralaba. jaringan ini memiliki konsep “ekonomi berbagi” yang mengutamakan peran tiap individu tanpa batasan apa pun, baik modal maupun keahlian.

Kelebihan waralaba Socamart, salah satunya tidak akan membebani mitra dengan biaya admin dan franchise dan Anda cukup menanamkan modal (investasi) di awal senilai Rp220 juta.

  1. Waralaba Yomart

Yomart termasuk minimarket terpopuler di Indonesia gerainya sudah mencapai 250 toko yang tersebar di berbagai kota dan sampai sekarang, Yomart terus memperluas jaringan retail dengan menawarkan program waralaba yomart menyediakan jenis gerai EC Store.

Luas gerai ini mulai dari 60-100 meter persegi dan mengenai nilai investasi, Anda bisa memilih paket sebesar Rp314 juta sampai Rp355 juta dengan nominal tersebut, minimarket Anda mendapatkan 2.256—3.200 item produk.

  1. Waralaba OMI

Pembinaan Indogrosir terhadap toko tradisional sejak tahun 2001 membuahkan hasil dan sudah terbukti, di tahun 2003, Indogrosir berhasil mengembangkan gerai lewat waralaba merek OMI. Bisnis ini bisa dimiliki oleh badan usaha maupun perorangan.

Istimewanya, tiap gerai OMI boleh menggunakan nama minimarket sesuai keinginan pemilik selain itu, minimarket dijalankan secara mandiri, tanpa campur tangan dari Indogrosir jadi, bagi Anda yang berminat membeli merek waralaba OMI, siapkan investasi Rp213-333 juta, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here