10 Strategi Untuk Mulai Bisnis Kue bagi Pemula

0
110
10 Strategi Untuk Mulai Bisnis Kue bagi Pemula

Siapa yang tidak suka bersantai di rumah sambil makan kue kesukaan? Ya, kue baik kue tradisional maupun kue kekinian memang disukai setiap orang, kapanpun dan dimanapun karena rasanya yang unik dan lezat. Oleh karenanya, jika Anda mempunyai hobi memasak, sangat sayang bila tidak dimanfaatkan sebagai bisnis kue rumahan.

Usaha membuat kue ini bisa menjadi peluang bisnis yang mendatangkan profit maksimal jika dilakukan dengan tepat. Pasalnya, masyarakat Indonesia banyak yang menyukai kue dan kondisi ini terus berlanjut serta tidak pernah berhenti hanya karena muncul tren camilan baru. Terlebih lagi sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk selalu menyediakan kue di rumah. Tidak hanya keseharian, saat acara istimewa pun kue selalu disajikan sebagai  makanan penting yang harus ada.

Peluang Bisnis Kue Rumahan

Permintaan atau pangsa pasar akan kue dan roti rumahan masih terbuka sangat lebar,  karena pada segmen ini memang tidak pernah sepi. Peluang kue dan roti rumahan untuk dititipkan di warung atau toko kecil pun masih terbuka lebar. Oleh karenanya, bisnis kue rumahan kecil kecilan ini bisa menjadi peluang yang baik untuk menambah penghasilan Anda.

10 Strategi Menjalankan Bisnis Kue Untuk Pemula

Inilah 10 strategi yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis kue. Keahlian dalam membuat dan memasak kue yang lezat bukanlah satu satunya cara untuk bisa sukses di dunia bisnis kue ini.

1.Merencanakan dengan Matang

Setiap bisnis selalu membutuhkan perencanaan matang, baik bisnis kue basah, bisnis kue kering, maupun bisnis kue rumahan.  Perencanaan yang matang bisa mengantisipasi segala rintangan saat menjalankan bisnis kue ini. Anda harus benar benar paham dan menguasai dunia bisnis kue ini. Selain itu, miliki minat dan passion yang tinggi sehingga jika terjadi hambatan saat menjalankan usaha,  Anda tidak merasa bosan dan tetap bertahan dalam bisnis ini.

Baca Juga : 30 Jenis Usaha Kuliner Makanan Rumahan

2.Mempersiapkan Modal yang Dibutuhkan

Pastikan Anda benar memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat kue yang enak dan lezat, sebagai modal keahlian utama yang Anda persiapkan. Selain itu, persiapan modal  juga mencangkup modal untuk membeli peralatan serta bahan-bahan kue yang berkualitas meliputi terigu, telur, mentega, dan bahan lainnya.

Bahan-bahan berkualitas ini penting, meskipun resepnya sudah tepat jika bahan yang digunakan kurang berkualitas, hasilnya kue buatan Anda kurang maksimal. Hal ini perlu diperhatikan terutama pada bisnis kue kering Anda. Pasalnya kualitas rasa pada kue kering harus diutamakan agar kue kering Anda bisa lebih tahan lama, dalam arti tidak cepat kadaluarsa. Jika demikian, Anda bisa mendapatkan banyak orderan yang artinya bisnis kue Anda bisa berjalan lancar.

3.Menentukan Jenis Kue

Lakukan survei tentang jenis kue apa yang paling disukai dan banyak dicari oleh masyarakat. Jika bisa membaca selera pasar, produksi kue Anda akan terjual habis dan bisnis kue Anda dapat berkembang.

Tentukan jenis kue yang akan diproduksi dan dijual, dengan membuat daftar kue yang laris di pasaran. Hal ini bertujuan untuk menekan ongkos produksi, agar modal yang harus Anda sediakan tidak terlalu besar. Terlebih lagi, bisnis kue basah yang lebih riskan, karena berbeda dengan bisnis kue kering yang lebih tahan lama.

4.Belajar dari Pesaing

Anda juga harus belajar dari pesaing untuk bisa lebih mengerti akan usaha dan bisnis kue ini. Sebagai contoh, mempelajari konsep bisnis kue basah yang bahkan cocok dijual di mana saja dan kapan saja. Selain itu, mencari tahu penyebab kebangkrutan pengusaha kue sebelumnya, yang tidak dapat berkembang serta sukses di pasaran. Dengan begitu, Anda bisa belajar banyak sebelum memulai usaha serta bisa menghindari kerugian yang lebih besar sebagai seorang pemula.

5.Menetapkan Harga yang Kompetitif

 

Menentukan harga tidak bisa dilakukan sembarangan, karena jika terlalu murah tidak sesuai dengan modal yang Anda keluarkan. Sedangkan bila terlalu mahal, produk anda tidak akan diterima oleh masyarakat. Jadi, usahakan untuk menentukan harga yang kompetitif yang masih menguntungkan Anda tetapi juga ringan bagi pembeli.

Baca Juga : 15 Ide Bisnis Kreatif dengan Modal 1 Juta yang Cocok Untuk Para Milenial

Penetapan harga bisa Anda lakukan dengan menghitung bahan-bahan yang digunakan, peralatan dan perlengkapan yang terpakai, serta ongkos dan biaya lain-lain saat proses produksi. Oleh karena itu, lebih baik Anda mencatat segala pengeluaran dari awal saat memulai bisnis kue ini baik bisnis kue basah, bisnis kue kering, maupun bisnis kue rumahan. Dengan demikian, akan lebih memudahkan Anda untuk menetapkan harga jual nantinya.

6.Memahami Pangsa Pasar

Cara memahami pangsa pasar bisnis kue Anda adalah mencari informasi di pasar yang telah dimasuki oleh pesaing sebelumnya. Informasi ini terkait jenis kue, kualitas makanan, serta harga makanan. Dengan demikian Anda tidak salah memasok kue yang tidak diterima oleh pasar karena akan berakibat fatal pada bisnis kue Anda.

7.Menentukan Lokasi

Dalam bisnis kuliner, lokasi menjadi salah satu faktor utama yang menentukan jumlah modal yang harus Anda persiapkan, jenis kue yang harus diproduksi, serta perkiraan harga dan keuntungannya. Anda harus memilih lokasi yang tepat sebelum memulai usaha bisnis kue ini. Apalagi persaingan yang begitu ketat di bisnis ini membuat Anda harus lebih berhati hati sebelum memilih lokasi bisnis.

Salah memilih lokasi membuat bisnis yang baru dibuka akan sulit berkembang. Jadi, sebaiknya sebelum menetapkan pilihan lokasi terbaik, Anda harus melakukan survei untuk mengetahui potensi pasar beserta jenis kue yang diincar oleh masyarakat di lokasi tersebut. Kondisi persaingan juga bisa diketahui dari survei yang Anda lakukan ini.

8.Kreatif dan Inovatif Menciptakan Keunggulan dengan Rasa dan Bentuk

Dengan melakukan survei, Anda bisa lebih berkreasi dan memiliki inovasi saat menjalankan bisnis kue ini.  Kreasi dan Inovasi dibutuhkan karena jika Anda dapat menghadirkan sebuah terobosan baru misalnya dalam bisnis kue rumahan, produk Anda akan berbeda dan memiliki nilai lebih dalam rasa dan bentuk dibanding produk pesaing. Dengan demikian,  produk Anda dapat laku di pasaran.

Pembeli akan memiliki lebih banyak pilihan dan lebih tertarik untuk mencoba beragam rasa dan bentuk kue yang Anda tawarkan. Namun, saat Anda melakukan terobosan, gunakan sistem yang terstruktur agar dapat mengatur segala hal termasuk produksi kue, sehingga dapat menjadi pendukung yang kokoh bagi bisnis kue Anda.

9.Membuat Brand dan Kemasan Menarik

Kemasan menarik dengan brand tersendiri akan membuat pelanggan tertarik dan berminat akan produk Anda, terutama pada bisnis kue kering. Selain itu, brand dan kemasan yang menarik juga akan memudahkan Anda melakukan promosi, khususnya pangsa pasar anak-anak yang cenderung menyukai kemasan unik dan enak dipandang dengan warna beragam.

Inovasi pada toples juga bisa Anda lakukan untuk menyimpan kue kering Anda. Carilah bentuk yang berbeda dengan toples yang banyak beredar di pasaran yaitu bentuk selain toples bulat yang sudah terlalu umum.

10.Menentukan Cara Pemasaran dan Promosi Produk lewat Internet

Kesuksesan dan kegagalan suatu bisnis termasuk bisnis kue rumahan,  tergantung pada cara Anda melakukan promosi dan pemasaran. Anda bisa melakukan promosi dengan cara memberikan penawaran harga terbaik agar pembeli tertarik. Promosi ini tidak hanya dilakukan secara offline, melainkan akan lebih cepat bila dilakukan secara online melalui media sosial di internet.

Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan dari Rumah

Promosi ini juga harus dilakukan dengan gencar, karena kesuksesan Anda dalam bisnis kue ini tergantung pada kesuksesan promosi yang Anda lakukan. Jadi, usahakan untuk membuat promosi yang menarik mulai dari door to door terutama untuk bisnis kue kering.

Dengan memperkenalkan langsung kepada teman dan kolega, serta masyarakat sekitar, Anda bisa membuat brosur produk kue disertai ulasan mereka tentang produk Anda. Setelah itu, bisnis kue ini bisa Anda pasarkan secara online melalui media sosial yang tepat. Jangan lupa, tampilkan produk kue Anda secara menarik dan kreatif dari segi foto produk dan desainnya.

Itulah ide dan peluang bisnis kue baik bisnis kue basah, bisnis kue kering, maupun bisnis kue rumahan. Sebuah kuliner yang bisa digeluti dan diminati berbagai kalangan, karena selalu berkembang mengikuti kemajuan teknologi dan pastinya yang layak Anda jalankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here